Berikut saya berikan contoh pembuatan RPP. Contoh dibawah ini saya buat sebagai tugas mata kuliah bahan dasar pembelajaran ketika menempuh kuliah pada semester II. Semoga contoh yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Kalau ada kesalahan minta maaf maklum manusia tak luput dari kata salah. jangan lupa comment ya....
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK 1 MOJOKERTO
Mata Pelajaran : Kompetensi
dasar Elektronika
Kelas /
Semester : X / I
I.
STANDAR KOMPETENSI
1.1 Teori Dasar Elektronika
II.
KOMPETENSI DASAR
2.1 Mengenal Komponen Elektronika
III.
INDIKATOR
Siswa dapat
|
Nilai
Karakter
|
1. Menjelaskan pengertian resistor
|
Ingin tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
2. Menyebutkan macam-macam resistor
|
Ingin tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
3. Menyebutkan karakteristik resistor
|
Ingin tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
4. Mengidentifikasikan nilai resistor
berdasarkan kode warna dan kode lainnya
|
Ingin tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
5. Menyebutkan fungsi-fungsi resistor dan
penerapannya
|
Ingin tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
IV.
ALOKASI WAKTU
4
Jam Pelajaran (4 x 50
Menit)
V.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat menyebutkan
pengertian resistor.
2. Siswa dapat mengidentifikasi
pembagian jenis resistor
3. Siswa dapat mengidentifikasi
bahan pembuatan resistor.
4. Siswa dapat mengidentifikasi beragam
nilai resistor berdasar kode warna atau kode
lainnya.
5. Siswa dapat menyebutkan
fungsi-fungsi resistor dan penerapannya.
VI.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian resistor
Pengertian resistor adalah komponen elektronik
dua buah kutub yang dirancang sebagai penahan arus listrik dengan membuat
tegangan listrik diantara kedua buah kutubnya itu.
2.
Jenis-jenis resistor
Dilihat berdasar
nilainya, maka komponen ini bisa dibagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Fixed
Resistor, yaitu resistor yang memiliki nilai hambatan tetap. Kedua adalah Variable
Resistor, yaitu resistor yang mempunyai nilai hambatan yang bisa
berubah-ubah. Ketiga adalah Resistor Non Linier, yaitu resistor yang
disebabkan oleh pengaruh / faktor dari lingkungan seperti cahaya atau suhu,
akan membuat nilai hambatannya menjadi tidak linier.
3.
Karakteristik Resistor
Karakteristik
utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat
dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi. Pada komponen resistor, tidak
dipengaruhi oleh polaritas. Jadi dalam
pemasangannya boleh dipasang bolak-balik.
4.
Nilai resistor berdasarkan kode warna
Kode warna resistor 4 gelang.
Warna
|
Gelang 1
(Digit 1)
|
Gelang 2
(Digit 2)
|
Gelang 3
(Pengali)
|
Gelang 4
(Toleransi/%)
|
HItam
|
-
|
0
|
1
|
-
|
Coklat
|
1
|
1
|
10
|
1
|
Merah
|
2
|
2
|
100
|
2
|
Orange
|
3
|
3
|
1.000
|
3
|
Kuning
|
4
|
4
|
10.000
|
4
|
Hijau
|
5
|
5
|
100.000
|
5
|
Biru
|
6
|
6
|
1.000.000
|
6
|
Ungu
|
7
|
7
|
10.000.000
|
7
|
Abu-abu
|
8
|
8
|
100.000.000
|
8
|
Putih
|
9
|
9
|
1.000.000.000
|
9
|
Emas
|
-
|
-
|
0,1
|
5
|
Perak
|
-
|
-
|
0,01
|
10
|
Tanpa Warna
|
-
|
-
|
0,001
|
20
|
» Kode Huruf Resistor
Resistor yang mempunyai
kode angka dan huruf biasanya adalah resistor lilitan kawat yang diselubungi
dengan keramik/porselin.
5.
Fungsi resistor
Fungsi
resistor yang lain yaitu, Pertama adalah memiliki fungsi untuk membagi
arus. Kedua, resistor juga berfungsi untuk membatasi / mengatur arus. Ketiga,
komponen ini dimanfaatkan sebagai alat untuk menurunkan tegangan. Terakhir
ialah bisa juga digunakan untuk membagi tegangan. Itulah keempat kegunaan
resistor disamping manfaat utama yang lebih sering kita ketahui.
VII.
MODEL PEMBELAJARAN
Model
Pembelajaran PAKEM, Tanya jawab, Diskusi, dan Ceramah.
VIII.
ALAT DAN BAHAN
1. Spidol
2.
Internet
3. Papan tulis
4. LCD proyektor.
IX.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
Fase
1: Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
·
Guru menyampaikan indikator hasil belajar yang ingin dicapai melalui kegiatan
pembelajaran hari ini, yaitu: materi tentang resistor.
·
Guru memotivasi siswa dengan memberikan contoh kegunaan resistor dalam kegiatan sehari hari.
·
Guru menjelaskan resistor.
2. Kegiatan Inti
Fase
2 : Mendemonstrasikan pengetahuan
·
Guru menjelaskan tentang resistor pembagian, pembacaan kode warna dan penerapan resistor.
Fase
3 : Membimbing pelatihan
·
Guru membimbing siswa penghitungan kode warna resistor.
Fase
4 : Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
·
Guru memeriksa pemahaman siswa terhadap resistor
·
Guru memberikan umpan balik terhadap materi resistor
3.
Kegiatan Penutup
Fase
5 : Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan
·
Guru bersama siswa merangkum materi Resistor
·
Guru memberikan materi lanjutan berupa evaluasi untuk dikerjakan
dirumah
X.
SUMBER BELAJAR
LKS, internet, buku Elektronika Dasar
XI.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Teknik
Penilaian:
1. Teknik : Kuis, Ulangan harian, Pemberian
tugas
2.
Bentuk : Uraian Objektif
Kriteria skor penilaian dan rumus penilaian terlampir.
Lembar Observasi Psikomotorik
No
|
Nama
Siswa
|
Indikator
|
Skor
Perolehan
|
|||
Mengerjakan Tugas
|
Menyiapkan dan merancang tabel
|
Keterampilan mempraktikkan
penulisan rumus
|
Keterampilan mengolah rumus
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Observasi Afektif
No
|
NAMA SISWA
|
INDIKATOR
|
Skor Perolehan
|
|||||
Kehadiran
siswa
|
Kedisiplinan
|
Kerapian
|
Kesungguhan mengikuti pelajaran
|
Menyelesaikan tugas
|
Keaktifan di kelas
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mojokerto, 26 Maret
2013
|
|
Mengetahui,
|
Peneliti,
|
||
Guru Mata Pelajaran
|
|
|
|
(Lutfi Ansori, S.Kom)
|
|
(Novita Sari)
|
|
NIP.
|
|
NIM. 120534431499
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar